11 Tempat Wisata Murah di Jakarta

11 Tempat Wisata Murah di Jakarta

Meski tahun depan Ibukota resmi berpindah ke IKN, Jakarta seakan tetap memiliki magnet tersendiri bagi banyak orang. Tak hanya terkenal sebagai mega city alias kota tersibuk di Indonesia. Jakarta juga terkenal dengan jajanan kaki lima dan kopi kelas dunianya hingga bangunan-bangunan bersejarahnya! Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tempat-tempat viral dan terbaik yang perlu dikunjungi di Jakarta. Yuk, simak selengkapnya!




1. Kota Tua


Kota Tua biasanya menjadi tempat pertama bagi para wisatawan dan pengunjung di Jakarta. Ini tidak mengherankan karena area ini memiliki bangunan-bangunan bersejarah dari masa kolonial Belanda. Saat ini, kawasan ini telah diubah menjadi alun-alun bergaya Belanda dengan penjelasan sejarah yang lengkap.


Meskipun bangunan-bangunan ini mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu, banyak yang telah direstorasi, dan pada tahun 2014, kawasan ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Jelajahi arsitektur dan nikmati jajanan kaki lima di Kota Tua dengan berjalan atau bersepeda!


Alamat: Kota Tua, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, Jakarta


2. Taman Mini Indonesia Indah – Wisata Jakarta Murah


Jika kamu kehabisan ide untuk liburan di Jakarta, inilah saatnya untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Nama taman ini secara harfiah mencerminkan isi taman ini. Yang kurang hanyalah kata "mini" karena TMII mencakup area yang sangat luas.


Taman ini dibangun besar karena di dalamnya terdapat taman, bioskop IMAX, taman air, dan banyak lagi! Jadi, TMII adalah tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menjalani petualangan yang unik dan bersantai.


Alamat: Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp 25.000,00


3. Museum Nasional Indonesia – Wisata Jakarta Murah


Tepat di seberang Lapangan Merdeka, kamu akan menemukan salah satu museum yang paling mengesankan dan penting di Asia Tenggara, yaitu Museum Nasional Indonesia. Begitu memasuki museum ini, kamu akan disambut oleh patung gajah yang mengesankan di halamannya, yang membuatnya dikenal sebagai Gedung Gajah.


Koleksi museum ini terdiri dari lebih dari 100.000 objek yang berkaitan dengan seni, pertanian, bahasa, dan agama dalam sejarah nasional dan regional di Indonesia. Tempat ini merupakan salah satu pilihan liburan dan atraksi yang wajib dikunjungi!


Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110

Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp 15.000 – Rp 25.000


4. Dunia Fantasi


Bagi mereka yang bosan dengan atraksi budaya dan bepergian bersama anak-anak, Dunia Fantasi Ancol bisa menjadi salah satu opsi paling menyenangkan di Jakarta. Taman Impian Jaya Ancol ini dirancang untuk menyenangkan semua orang, mulai dari anak-anak yang akan bahagia dengan cangkir teh yang berputar hingga Hello Kitty Dreamland.


Sementara remaja yang lebih besar dapat menikmati wahana Hysteria yang menantang. Lokasi liburan murah dan populer di Jakarta ini juga terus menghadirkan wahana baru setiap tahunnya!


Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430

Jam Buka: 10.00 – 19.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp 175.000-Rp 300.000


5. Masjid Istiqlal


Kamu harus tahu bahwa hampir 90% dari 260 juta penduduk Indonesia beragama Islam. Maka tidak heran jika kamu bisa menemukan masjid terbesar di Asia Tenggara di Jakarta, yang juga merupakan masjid terbesar ketiga di dunia. Masjid ini dapat menampung lebih dari 20.000 orang, melebihi kapasitas stadion sepak bola Camp Nou di Barcelona!


Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710


6. Taman Suropati


Awalnya, area ini adalah desa hijau yang dikelilingi oleh rumah-rumah mewah di kawasan Menteng. Namun, Taman Suropati kini telah menjadi tempat favorit wisatawan dan penduduk setempat yang ingin melarikan diri dari kebisingan dan hiruk pikuk Jakarta.


Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan hari santai setelah mengunjungi beberapa landmark di Jakarta. Kamu bisa berbaring di atas rumput sambil bermain dengan kucing yang sering berkeliaran di taman ini.


Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310


7. Ancol – Wisata Jakarta Murah


Kompleks perbelanjaan dan hiburan di tepi Teluk Jakarta ini adalah salah satu tempat terbaik untuk bersenang-senang. Kamu bisa memulai hari dengan berbelanja di berbagai toko lokal dan internasional sebelum mencoba berbagai olahraga air gratis di sore hari.


Alamat: Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta


8. Lapangan Merdeka


Jika kamu sedang bepergian sendirian dan ingin menghindari kesan kesepian saat berada di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke Lapangan Merdeka. Tempat ini adalah salah satu ruang publik terbesar di dunia dan menjadi tempat di mana penduduk setempat datang untuk bersantai dari keramaian kota.


Lapangan ini berpusat di sekitar Monumen Nasional, yang memiliki tinggi mencapai 132 meter. Dalam Monas, terdapat museum informatif di lantai dasar. Namun, jika kamu tidak takut ketinggian dan ingin berfoto, kamu bisa naik ke dek observasi di puncaknya!


Alamat: RT.5/RW.2, Gambir, Jakarta Pusat, Jakarta 10110

Jam Buka Monas: 06.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp 4.000 – Rp 15.000,00


9. Wisata Jakarta Murah – Jalan Jaksa


Setelah menjelajahi Jakarta, saatnya mengunjungi Jalan Jaksa. Dahulu, jalan ini penuh dengan rumah-rumah dan hostel sederhana, tetapi gentrifikasi telah menjadikannya lebih modern tanpa kehilangan pesona dan karakternya.


Jika kamu berlibur dengan anggaran terbatas, Jalan Jaksa adalah tempat yang wajib dikunjungi - kamu pasti akan menyukainya! Jalan Jaksa hanya sekitar 1 km dari Museum Nasional dan Lapangan Merdeka, sehingga kamu bisa berjalan kaki atau naik transportasi umum untuk melihat beberapa landmark terbaik di Jakarta!


Alamat: Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta



10. Glodok


Glodok mungkin bukan destinasi yang paling ramah bagi para wisatawan, tetapi Glodok adalah tempat beberapa makanan enak terbaik di Jakarta. Jajanan di jalan ini adalah tempat yang tersembunyi dan seringkali terlupakan, terutama bagi mereka yang menyukai masakan ala Cina.


Di Glodok, kamu akan menemukan berbagai kedai makanan kaki lima di sepanjang trotoar, serta berbagai restoran Tiongkok mulai dari yang sederhana hingga yang mewah. Jadi, sulit untuk tidak menemukan hidangan lezat di sini.


Alamat: Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta


11. Setu Babakan


Salah satu tempat viral yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk Jakarta adalah Setu Babakan. Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman di desa budaya tradisional dan belajar tentang cara hidup penduduk asli di sekitar Jakarta. Setu Babakan adalah pusat dari desa ini.


Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dalam satu hari karena perjalanan ke sana memerlukan waktu sekitar satu setengah jam dengan transportasi umum. Terletak di Jakarta Selatan, desa ini berjarak lebih dari 20 km dari Lapangan Merdeka. Meskipun jaraknya jauh, pengalaman ini pasti sepadan!


Alamat: Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta


Jadi, saat kamu berkunjung ke Jakarta, Ancol adalah tempat yang sempurna untuk mencari pengalaman yang memacu adrenalin! Cobalah berbagai aktivitas, mulai dari jet-ski, banana boat, hingga berlayar di Pantai Ancol!

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright ©